HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN PROKRASTINASI MENYELESAIKAN TUGAS PADA SISWA SMP

Penulis

  • Galuh Setya Winahyu
  • Widiyarti
  • Harfi Muthia Rahmi

Kata Kunci:

Regulasi Emosi, Prokrastinasi Menyelesaikan Tugas, Siswa, Jurnal Psikologi, STIPSI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi menyelesaikan tugas pada siswa SMP Negeri 1 Cangkringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 113 siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Cangkringan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII dengan jumlah 125 siswa siswi dari kelas A, B, C, dan D di SMP Negeri 1 Cangkringan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur skala regulasi emosi dan skala prokrastinasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment dari Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 For Windows. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi -0,345 dan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi emosi dengan prokrastinasi menyelesaikan tugas pada siswa SMP Negeri 1 Cangkringan. Sumbangan efektif regulasi emosi terhadap prokrastinasi sebesar 11,9 % yang berarti masih terdapat 88,1% faktor lain yang mempengaruhi prokrastinasi diluar regulasi emosi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-02