HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA
Kata Kunci:
Kesepian, Intensitas, Game Online, RemajaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kesepian dengan intensitas bermain game online pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menganalisis menggunakan analisis statistik non-parametrik korelasi Spearman Rho. Dalam menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling purposive, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah remaja Yogyakarta yang bermain game online yang berjumlah 110 subjek. Pengambilan data penelitian menggunakan skala kesepian dan intensitas bermain game online yang diadaptasi modifikasi yang disesuaikan oleh peneliti. Skala kesepian memiliki nilai cronbach’s alpha sebesar 0,951 dengan 45 aitem yang valid dan skala intensitas bermain game online memiliki nilai cronbach’s alpha sebesar 0,938 dengan 34 aitem yang valid. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh koefisien korelasi (rxy) positif sebesar 0,345 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara kesepian dengan intensitas bermain game online. Artinya, semakin tinggi tingkat kesepian maka semakin tinggi tingkat intensitas bermain game online remaja. Rata-rata subjek memiliki kesepian dan intensitas bermain game online berada dalam kategori sedang. Sumbang efektifitas kesepian terhadap intensitas bermain game online sebesar 9,5% sedangkan 90,5% intensitas bermain game online dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.