HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Pola Asuh Permisif, Perilaku BullyingAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Pola asuh Permisif dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dianalisa menggunakan analisis statistik korelasi product moment. Dalam menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan teknik Random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa/I SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 100 siswa/i. Pengambilan data penelitian menggunakan skala perilaku bullying dan skala pola asuh permisif yang dibuat sendiri oleh peneliti dan bukan merupakan adaptasi skala peneliti lain. Skala perilaku bullying memiliki nilai sebesar 0,960 dengan 31 aitem valid dan skala pola asuh permisif memiliki sebesar 0,912 dengan 33 aitem valid. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh koefisien korelasi (rxy) positif sebesar 0,536, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh permisif dengan perilaku bullying. Artinya, semakin tinggi pola asuh permisif maka semakin tinggi perilaku bullying yang dimiliki siswa/i sebaliknya, semakin rendah pola asuh permisif maka semakin rendah perilaku bullying yang dimiliki siswa/i. Sumbangan efektif pola asuh permisif terhadap perilaku bullying sebesar 28,7% dan 71,3% perilaku bullying dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.