HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMK N 1 NANGGULAN KULON PROGO

Penulis

  • Neni Widyayanti
  • Eko Sulistiawan
  • Evianawati

Kata Kunci:

Dukungan Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar Matematika

Abstrak

Matematika merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan kita dan merupakan induk dari segala ilmu.Perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan budaya manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari unsur matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan menggunakan teknik analisis data statistik rank spearman untuk melihat signifikansi dari kedua variabel yang diukur. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Nanggulan Kulon Progo dengan jumlah sampel sebanyak 117 subjek. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar matematika dan skala dukungan sosial teman sebaya. Instrumen penelitian skala motivasi belajar matematika (α) = 0,929 dengan 49 item valid dan dukungan sosial teman sebaya (α) = 0,938 dengan 45 item valid. Hasil penelitian  menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar matematika pada siswa SMK Negeri 1 Nanggulan Kulon Progo (rxy) sebesar 0,667 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), dan nilai R square 0,449 atau 44,9% yang berarti sumbangan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar matematika adalah sebesar 44,9%.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-02