HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PROBLEM FOCUSED COPING PADA MAHASISWA BARU YANG MENJALANI KULIAH DARING DALAM SITUASI PANDEMI COVID 19
Kata Kunci:
Efikasi diri, Problem focused coping, PandemiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara Efikasi diri dan Problem focused coping mahasiswa baru yang menjalani kuliah daring dalam situasi pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data berupa purposive sampling, dengan menggunakan teknik analisis data statistik pearson product moment untuk melihat signifikansi dari kedua variabel yang diukur. Pengambilan data penelitian menggunakan skala problem focused coping dan skala efikasi diri yang dibuat oleh peneliti dan skala disebar berupa google form. Subjek penelitian berjumlah 101 orang mahasiswa baru yang menjalani perkuliahan daring di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil uji reliabilitas skala problem focused coping menunjukkan nilai cronbach alpha sebesar 0,926 dan skala efikasi diri menunjukkan nilai cronbach alpha sebesar 0,934. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya koefisien korelasi (Pearson Correlation) sebesar 0.779 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kedua variabel tersebut. Artinya, semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin tinggi problem focused coping yang digunakan oleh mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring di masa pandemi. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap problem focused coping dalam penelitian ini sebesar 60.7%.